Bilangan
ermath.blogspot.com - Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan. Dalam matematika, konsep bilangan selama bertahun-tahun lamanya telah diperluas untuk meliputi bilangan nol, bilangan negatif,bilangan rasional, bilangan irasional, dan bilangan kompleks.
1. Menghitung dan Mengurutkan Benda Sampai Dengan 5
a. Membilang atau menghitung secara urut
b. Menyebutkan banyak benda
c. Membandingkan dua kumpulan benda
d. Membaca dan menulis lambang bilangan
1) Membaca lambang bilangan
Lambang bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2) Menulis lambang bilangan
· 1 ikan diwarnai
Tulis lambang bilangan 1 dibukumu
· 2 ayam diwarnai
Tulis lambing bilangan 3 dibukumu
e. Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar
f. Membilang loncat sampai dengan 5
Contoh :
Membilang loncat 2 dari lambang bilangan 1
Satu dua tiga empat lima
1 2 3 4 5
g. Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar
2. Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 5
a. Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
· Satu pensil ditambah satu pensil sama dengan dua pensil
1 + 1 = 2
· Lima bola dikurangi empat bola sama dengan satu bola
5 – 4 = 1
b. Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan
c. Membaca dan menggunakan symbol +, -, dan =
1. Penjumlahan
a) Menjumlahkan satu bilangan dengan bilangan yang lain
· Satu jeruk ditambah dua jeruk sama dengan tiga jeruk
1 + 2 = 3
b) Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan
· Satu jeruk ditambah dua jeruk sama dengan tiga jeruk
1 + 2 = 3
2 + 1 = 3
c) Menentukan pasangan bilangan yang jumlahnya diketahui terbesar 5
d) Menyelesaikan soal cerita sederhana
Contoh :
Umi mempunyai dua pensil
Ia membeli lagi tiga pensil
Berapa pensil umi sekarang?
2 + 3 = 5
Pensil umi sekarang 5
2. pengurangan
a) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain (1 sampai dengan 5)
· lima jeruk dikurangi tiga jeruk sama dengan 2 jeruk
5 – 3 = 2
b) mengenal bilangan nol melalui pengurangan
· satu ikan dimakan satu ikan sisanya tidak ada
1 – 1 = 0
c) menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
soni memiliki 3 balon
balon itu meletus 1
berapa balon yang tidak meletus
3 – 1 = 2
Balon soni yang tidak meletus adalah 2 balon
3. penjumlahan dan pengurangan
a) menjumlahkan dan mengurangi dengan bilangan nol
contoh :
1 + 0 = 1
1 – 0 = 1
2 + 0 = 2
b) memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan
contoh :
yuda mempunyai lima balon
balon itu diberikan kepada deni 2
berapa balon yuda sekarang?
5 – 2 = 3
Balon yuda sekarang 3
c) mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5
contoh :
2 + 1 = 3
4 – 1 = 3
5 – 3 = 2
3. Menghitung dan mengurutkan banyak benda sampai dengan 10
a. Membilang atau menghitung secara urut
Contoh :
b. Menyebutkan banyak benda
c. Membandingkan dua kumpulan benda
d. Membaca dan menulis lambang bilangan
1) Membaca lambang bilangan
Bacalah dari kanan ke kiri
Lambang bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2) Menulis lambang bilangan
e. Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur
f. Membilang loncat sampai dengan 10
g. Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil ke terbesar
4. Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 10
a. Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
· Lima tomat di tambah satu tomat sama dengan enam tomat
5 + 1 = 6
· Enam minggu dikurangi dua minggu sama dengan empat mangga
6 – 2 = 4
b. Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam kalimat sehari-hari
c. Membaca dan menggunakan symbol +, - dan =
1. penjumlahan
a) menjumlah dua bilangan yang sama
contoh :
satu buku ditambah dua buku sama dengan dua buku
1 + 2 = 3 buku
b) menjumlah dua bilangan yang tidak sama
delapan pisang ditambah 2 pisang sama dengan 10 pisang
8 + 2 = 10 pisang
c) menjumlah dua bilangan satu angka
contoh :
2 jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7 jambu
2 + 5 = 7
d) menentukan pasangan bilangan yang diketahui jumlahnya terbesar 20
e) menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
ayam betina rini 3
ajam jantan rini 1
berapa jumlah ayam rini?
3 + 1 = 4
Jumlah ayam rini 4
2. pengurangan
a) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain
contoh :
enam sawo dikurangi dua sawo sama dengan empat sawo
6 – 2 = 4
b) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain dengan cara bersusun
c) menentukan pasangan bilangan yang selisihnya ditentukan
contoh :
pasangan bilangan yang berselisih 5
5 dan 0
6 dan 1
7 dan 2
8 dan 3
9 dan 4
10 dan 5
d) menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
ibu mempunyai 8 telur, 3 telur pecah
Berapa telur ibu sekarang ?
Jawab :
8 – 3 = 5
Telur ibu sekarang adalah 5 telur
d. Mengingat penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
6 + 2 = 8
8 – 2 = 4
10 – 7 = 3
e. Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokan
1. sifat pertukaran
contoh :
3 + 5 = 8
5 + 3 = 8
Catatan : penjumlahan memiliki sifat pertukaran dan pengurangan tidak memiliki sifat pertukaran
2. sifat pengelompokan
contoh :
(3 + 2) + 1 = 6
3 + (2 + 1) = 6
Pengerjaan dalam kurung dilakukan lebih dahulu
f. Memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Ayam rahma 2
Ibunya membelikan lagi 7
Kemudian ayahnya membelikan lagi 3
Berapa jumlah ayam rahma sekarang ?
2 + 7 + 3 = 11
Ayam rahma sekarang 11
Demikianlah materi kelas satu mengenai bilangan, bagaimana asik-adik mudah bukan? Terus ikuti ulasan materi selanjutnya yaa, selamat belajar.
Demikianlah materi kelas satu mengenai bilangan, bagaimana asik-adik mudah bukan? Terus ikuti ulasan materi selanjutnya yaa, selamat belajar.
0 comments:
Post a Comment