Rumus Matematika - Fungsi Eksponen dan Logaritma

Rumus Matematika - Fungsi Eksponen dan Logaritma

ermath.blogspot.co.id - Fungsi eksponen dan logaritma sebenarnya telah dipelajari pada materi pelajaran matematika kelas sepuluh, namun untuk materi kelas dua belas membahas materi ini secara menyeluruh dan lebih jauh mengenai fungsi eksponen dan logaritma serta lebih terperinci agar kalian mampu menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dan mampu memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi tersebut. Sebelum mempelajari materi ini sebaiknya kalian telah memahami dengan baik mengenai konsep eksponen, persamaan kuadrat, penyelesaian persamaan kuadrat, serta tata cara menggambar kurva suatu persamaan kuadrat dan juga trigonometri. Bila sudah memahami keseluruhan konsep tersebut maka kalian akan lebih mudah dalam memahami pembahasan materi yang akan disampaikan di dalam artikel ini.



  • Pengertian Fungsi Eksponen

Agar tidak kesulitan, cobalah adik-adik ingat kembali sifat berpangkat rasional. Jika a dan b merupakan bilangan real, p dan q merupakan bilangan rasional maka hubungan yang berlaku adalah sebagai berikut:

Di dalam materi pelajaran matematika kelas X tentu kalian telah mempelajari konsep eksponen bentuk bilangan bulat. Sebelum mempelajari materi mengenai eksponen yang ada di dalam artikel ini maka sebaiknya kalian ingat kembali sifat bilangan berpangkat rasional. Apabila a dan b merupakan bilangan real, p dan q merupakan bilangan rasional makan hubungan yang berlaku adalah sebagai berikut:

Fungsi Eksponen dan Logaritma


Di dalam materi pelajaran matematika kelas sepuluh telah dipelajari mengenai konsep eksponen benruk bilangan bulat. Sedangkan pada materi kelas dua belas akan dibahas lebih ringkas lagi mengenai perpangkatan dimana pangkatnya merupakan suatu fungsi. Bentuk perpangkatan itulah yang disebut dengan fungsi eksponen.

Fungsi eksponen memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari hari,misalnya saja fungsi eksponen ini digunakan dalam proses peluruhan radioactive, proses pertumbuhan tanaman, serta konsep perhitungan bunga tabungan yang ada di bank dan masih banyak lagi contoh lainnya.
Persamaan fungsi eksponen dan penerapannya
Fungsi Eksponen dan Logaritma

Fungsi Eksponen dan Logaritma

Fungsi Eksponen dan Logaritma

Fungsi Eksponen dan Logaritma

Fungsi Eksponen dan Logaritma

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi eksponen dan logaritma, semoga dapat bermanfaat dan adik-adik dapat lebih memahami lagi materi berikut. Ikuti terus materi selanjutnya agar adik-adik lebih mudah lagi memahami materi pelajaran matematika. Selamat belajar.

0 comments:

Post a Comment